PANTAI ELAK-ELAK

  • 0
Pantai elak-elak

PANTAI ELAK-ELAK

Pantai elak-elak
Saat berlibur ke Lombok, pasti yang selalu menjadi primadona utamanya adalah pantainya, tapi mungkin kalian bingung mau ke mana?, karena sudah bosan dengan pantai yang itu-itu saja, yang setiap hari ramai dipadati banyak pengunjung.
Namun kini kalian tak perlu bingung lagi, karena sebenarnya Pulau Lombok masih menyimpan segudang Pantai-pantai Indah yang masih jarang dikunjungi atau bahkan belum diketahui banyak orang. Salah satunya, kami punya rekomendasi pantai dengan panorama yang sangat indah nan eksotis.
Berada di desa batu putih, kecamatan sekotong barat, kabupaten Lombok barat. Namanya pantai “Elak-elak”, apabila berangkat dari Kota Mataram kalian akan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam, namun tenang saja, walaupun belum banyak di kunjungi wisatawan namun jalan menuju pantai ini sudah diaspal mulus kok, sehingga membuat perjalanan kalian lancar-lancar saja, hal ini memang sangat berbeda seperti jalan-jalan menuju pantai-pantai kebanyakan dilombok. Sesampai di sana kalian tidak akan dikenai ongkos parkir atau masuk ke pantai ini alias semua “Gratis”.
Pantai Elak-elak, nama “Elak” dari pantai ini artinya lidah (Diambil dari bahasa sasak dimana “elak” dalam bahasa Lombok itu artinya lidah). Menurut cerita, pantai ini diberi nama seperti itu oleh masyarakat setempat karena merupakan sebuah tanjung yang menjorok kelaut, bentuknya mirip seperti lidah gitu deh, wkwkwk ada-ada saja.

Pantai elak-elak
Pantai Elak-elak memang sangat cocok bagi kalian yang sedang mencari kesunyian dan ketenangan untuk melepas penat, dengan pasir pantainya yang putih ditemani deburan ombak-ombak kecil, sehingga aman untuk anak-anak.
Selain itu, terdapat pula gili/pulau tak berpenghuni disana, berada di sudut utara pantai, terdapat gili Genting/Penyu (karena bentuknya mirip penyu) jaraknya hanya 150 meter dari pantai, yang bisa kalian kunjungi saat air lautnya sedang surut (biasanya pada sore hari), dan sudah dibuat jalan pula untuk mendaki gili kecil ini, jangan lupa membawa kamera atau gadget kalian, karena dari atas gili penyu kalian dapat melihat pesona keindahan pantai elak-elak yang wajib untuk diabadikan gambarnya.
Lalu di sebelah barat gili penyu pun, terdapat satu lagi gili yaitu Gili lontar, namun apa bila ingin kesana sebaiknya mungganakan sampan karena jaraknya lumayan jauh.
Selain itu, di bagian barat pantai terdapat pula budidaya mutiara. Ya, karena Sekotong memang terkenal sebagai pembudidaya mutiara di Nusantara. Bila senja hari, kalian juga dapat menikmati matahari tenggelam (Sunset) yang melangkapi keindahan dan eksotisme pantai elak-elak yang wajib banget kalian kunjungi.
Terakhir, yang selalu kami himabau saat kalian berlibur ke Pantai elak-elak, agar tidak merusak biota alam yang ada disana dan tidak membawa pulang bintang laut yang kalian temui, jangan juga membuang sampah jenis apapun sembarangan, karena dengan menaati aturan-aturan tersebut, berarti kalian juga sudah langsung ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian Objek Pariwisata Di Pulau Lombok.

 


Leave a Reply