Pantai Tanjung Ann

  • 0
tanjung-aan

Pantai Tanjung Ann

Category : BLOG

Kalau bicara tentang Tempat wisata, Lombok tengah gak pernah kehabisan tujuan wisata, apalagi objek wisata alam seperti pantai yang banyak bisa kalian jumpai di bagian selatannya, ada beragam pilihan objek wisata pantai disana, yang sangat cocok untuk tujuan kalian berlibur atau hanya sekedar refresing.

tanjung5

Salah satu pantainya yang cukup terkenal karena keindahannya adalah Pantai Tanjung Aan. Terletak 75 Kilometer dari Kota Mataram atau menempuh perjalanan selama 1,5 jam, dan hanya berjarak 3 Kilometer dari Pantai Kuta Lombok. Pantai Tanjung Aan sendiri memiliki garis pantai sepanjang 2 Kilometer, Selain terkenal dengan panorama pantainya yang mampu memanjakan mata dan juga ditambah bukit-bukit yang terbentang disekelilingnya dan mudah dicapai sehingga kalian bisa melihat langsung pemandangan tanjung Aan yang begitu Indah nan eksotis dari ketinggian. Satu hal lagi yang berbeda saat kaki kalian menginjak Pantai Tanjung Aan, yaitu pasirnya. Tak seperti Pantai di Lombok lainnya, pasir Pantai Tanjung Aan berbentuk bulat seperti merica.

tanjung8

Pantai Tanjung Aan sangat cocok bagi kalian yang gemar snorkling, karena ombaknya yang cukup tenang, namun jika kalian lupa membawa alat atau tidak memiliki perlengkapan snorkling, disana sudah tersedia penyewaan alat snorkling yang berada di tepi pantai. Selain itu kalian juga bisa berkeliling melihat keindahan laut Pantai tanjung Aan yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia menggunakan jasa para nelayan yang memang sengaja menyewakan sampannya saat tidak pergi melaut.

tanjung7

Selain itu, Tanjung Aan juga menyimpan sebuah Legenda kuno yang sangat terkenal bagi masyarakat sasak, yaitu legenda Putri Mandalika. Kebayang dong, berlibur ke objek wisata yang indah nan eksotis ditambah kalian berkunjung langsung ke tempat asal sang Putri Mandalika.

tanjung4

Jika kalian ingin berlibur ke Pantai Tanjung Aan, alangkah baiknya datang pada bulan Februari, karena pada bulan tersebut terdapat sebuah event spesial yang hanya ada di Lombok, yaitu teradisi “Bau Nyale” atau menangkap Nyale/Cacing Laut, tradisi itu sendiri masih erat kaitannya dengan legenda sang Putri mandalika, karena Nyale atau cacing laut itu dipercaya sebagai rambut sang putri, dengan warna Nyale yang bermacam-macam dan unik. Setelah Acara Bau nyale, cacing laut/Nyale itu sendiri langsung diolah menjadi masakan khas daerah sekitar, tidak perlu khawatir karena aman dan pastinya rasanya sangat lezat, jika kalian penasaran, kalian juga dapat menikmatinya di restoran sekitar yang memang sengaja menyediakan menu Nyale pada saat itu.

tanjung10

Terakhir, satu himbauan yang harus selalu kalian taati saat berkunjung kesana adalah, jangan membuang sampah sembarangan, baik itu jenis sampah apapun, karena dengan itu kalian juga sudah langsung berpartisipasi menjaga keindahan Objek Pariwisata Di Pulau Lombok.