PANTAI BELONGAS LOMBOK

  • 1
pantai belongas

PANTAI BELONGAS LOMBOK

pantai belongas

Satu lagi objek liburan pantai di lombok yang masih jarang dikunjungi banyak orang, namun menyimpan sejuta keindahan alamnya. Terletak di kecamatan Sekotong tengah lombok Barat. berjarak 50 Km dari Kota Mataram dengan menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam. Terdapat sebuah pantai yang memang masih sangat sepi namun pemandangan tak kalah indah dari pantai-pantai di Bali.

Namanya pantai belongas/ tanjung Belongas. Pantai yang masih sangat sepi dan belum banyak dikunjungi wisatawan dengan pemandangan alamnya yang eksotis. Pantai ini sangat cocok bagi kalian yang suka petualangan, karena pantai ini terjepit diantara dua bukit, jadi kalian harus berjalan mendaki bukit selama 20 menit dan berjalan kaki menuruni bukit selama 10 Menit untuk mencapai garis pantainya, pokonya sangat cocok deh buat kalian yang suka petualangan.

Setelah menuruni bukit, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang indah dikelilingi oleh bukit-bukitnya yang eksotis, dengan pasir pantai yang putih bersih ditemani deburan ombak yang cukup tenang, selain itu suasana disekitar pun begitu sejuk dan masih asri sehingga membuat kita betah berlama-lama disana, dan kalau senja hari kalian bisa menikmati Matahari terbenam (sunset) yang begitu menawan dari atas bukit, jangan lupa juga membawa kamera atau gadget kalian untuk mengabadikan moment ini.

Selain itu, Pantai ini memiliki pemandangan bawah laut yang begitu mempesona sehingga sebagian besar orang yang berkunjung ke sini akan melakukan snorkling atau diving. Bahkan sebagian besar pengunjung pantai ini adalah para penyelam profesional. Dasar laut pantai ini memiliki arus yang kuat dengan pemandangan bawah laut yang begitu mengagumkan. Anda bisa menemui berbagai jenis ikan hias dengan beragam warna. Serta terumbu karang yang masih sangat terjaga dari tangan-tangan jahil yang membuat pemandangan di bawah airnya semakin mempesona. Hal inilah yang mampu memancing rasa penasaran para penyelam profesional tersebut yang rela datang jau-jauh bahkan dari penjuru dunia.

Namun bagi kalian yang tidak terlalu tetarik dengan snorkling atau pun diving, tenang saja, kalian juga bisa bermain-main di perairan pesisir pantai ini, dikarenakan perairannya yang berombak tenang dan juga begitu jernih serta bersih, membuat Anda akan semakin bebas dan betah berenang berlama-lama.

Sama Halnya dengan pantai elak-elak, di Pantai Belongas juga memiliki tempat pembudidayaan mutiara yang terdapat di tepi pantainya. Dan hebatnya lagi, pantai ini telah dijadikan pusat pembudidayaan mutiara di Lombok. Kemudian hasil mutiara akan diekspor ke luar negeri seperti ke negara Jepang. Wow! Pokoknya keren deh buat pantai belongas.

Oh iya!, satu lagi yang selalu kami himabau saat kalian berlibur ke Pantai belongas, agar tidak merusak ekosistem biota alam yang ada disana, dan yang terpenting jangan membuang sampah jenis apapun sembarangan. Karena dengan menaati aturan-aturan tersebut, berarti kalian sudah langsung ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian Objek Pariwisata Di Pulau Lombok.

Selamat berlibur Guys!.


  • 0
pantai semeti

PANTAI SEMETI LOMBOK

pantai semeti

Satu lagi nih, Rekomendasi pantai indah nan masih perawan buat kalian sobat Traveler lombok. Bahkan karena keindahan pantainya dan masih tetap terjaga ekosistem lautnya, pantai ini sampai-sampai di juluki “Akuarium Alam”. Iya beneran!, keindahan pantainya memang masih sangat alami dan terjaga, dengan suasana yang sejuk dan damai tanpa kebisingan, yang terdengar hanya hembusan angin dan deburan ombak kecil ditemani pasir pantainya yang putih bersih. Cocok banget untuk melepas penat akan hiruk pikuk perkotaan dan juga stress karena pekerjaan.

Namanya adalah pantai semeti, terletak di kawasan wisata Selong Belanak dan masih bersebelahan dengan pantai mawi yang hanya dipisah oleh tebing bebatuan yang cantik.

pantai semeti

Namun berbeda dengan pantai mawi yang banyak dikunjungi oleh turis mancanegara dan para peselancar, pantai semeti ini cenderung cukup sepi. Untuk menuju ke Pantai Semeti sendiri, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari kota Mataram. Namun yang harus anda ketahui di beberapa kilometer terakhir tepatnya pada ujung jalan, jalur yang dilalui masih hanya berbentuk jalanan tanah dan tidak lebih bagus dari jalan menuju Pantai Mawi di sebelahnya, namun kalau ditanya masalah keidahan alamnya sih, boleh deh ditandingi.

Disini juga tidak ada penduduk yang bermukim di dekat pantai, atupun warga yang berjualan, jadi saran kami agar kalian membawa bekal dari rumah ataupun dapat membelinya di jalan. Pokonya pantai ini memang sangat sepi dan masih perawan. Panoramanya yang begitu indah dengan dikelilingi perbukitan yang berbatu, serta tebing-tebing yang terukir cantik secara alami di beberapa bagian pesisir pantainya menambah kesan eksotisme dari pantai semeti ini.

Di pantai semeti pun kalian dapat berenang, snorkling, berjemur, atau pun hanya sekedar menikmati keindahan alam dari pantai semeti. Oh iya!, cobalah juga untuk menjelajahi batuan tebing pesisir pantainya yang kokoh bak Grand Canyon itu, taklukkan kekokohannya sob. Selain itu, dibalik kekokohan tebing itulah tersimpan keindahan alam yang luar biasa cantik, sekumpulan cekungan-cekungan pada batuan karang bagaikan akuarium alam yang terbentuk secara alami nampak begitu mempesona. Akuarium alam ini dipenuhi dengan beragam biota laut seperta terumbu karang, anemon, bintang laut, bulu bali, gurita serta neragam jenis ikan hias kecil yang terjebak dalam cekungan oleh sapuan ombak.

pantai semeti

Bahkan pada senja hari, kalian juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam “sunset” sambil duduk diatas batuan tebing di pesisir pantai semeti. Pemandangan sunset disini memang sangat menakjubkan. Berbeda dengan pantai-pantai yang lain, rasanya bagaikan kita dapat menyatu langsung dengan alam. Penasaran dengan akuarium alam ini?, Yuk! Berlibur ke Lombok!.

Terakhir yang selalu kami himbau bagi kalian yang berlibur ke pantai semeti, agar tidak merusak ekosistem laut yang ada disana, serta tidak diperkenankan membawa pulang bintang laut yang kalian temui disana. serta jangan membuang sampah jenis apapun sembarangan disana. Karena dengan menaati semua aturan tersebut, berarti kalian sudah ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam dan demi memajukan Pariwisata di Pulalu Lombok.


  • 1
Pantai bangko-bangko

PANTAI BANGKO-BANGKO LOMBOK

Pantai bangko-bangko lombok

Pantai Bangko-bangko, mendengar namanya saja mungkin cukup asing ditelinga kalian, walaupun pantai satu ini tidak setenar dan seterkenal Pantai Senggigi atau pun Pantai kuta Lombok, namun kalau ditanya masalah panorama alamnya, Pantai ini tak kalah cantik dari 2 pantai tersebut.

Tidak hanya mengandalkan keindahan dan eksotisme alamnya, Pantai bangko-bangko juga menawarkan beragam aktifitas olah raga air yang bisa kalian coba disana, yang tentunya mampu membuat kalian betah berlama-lama berada di air.

Pantai bangko-bangko lombok

Seperti Surfing/Berselancar, bahkan salah satu Organisasi resmi olahraga selancar Dunia menetapkan bahwa keganasan ombak pantai ini yang dikenal juga sebagai “Desert Point” layak masuk 10 besar terbaik, karena tipe ombaknya yang tidak mudah pecah hingga ketepian lalu gulungannya yang dalam serta tingginya ombak menjadikan tempat ini sebagai yang terbaik nomer 6 di Dunia dan bahkan mengalahkan sederetan Ombak-ombak Pantai di Bali, bahkan para peselancar professional dari seluruh Dunia mengatakan bahwa mengunjungi dan mencoba ombak Pantai Bangko-bangko adalah impian yang harus di wujudkan. Wow!, AMAZING deh buat Pantai Bangko-bangko.

Lalu bagi kalian yang hobi memancing, siapkan pancingan kalian untuk berburu Strike-strike yang dahsyat dengan tarikan Ikan yang cukup kuat, pokoknya mampu memuaskan hobi memancing kalian. Di pantai bangko-bangko sendiri memang menyimpan begitu banyak spot-spot memancing yang juga banyak dikunjungi pemancing – pemacing Nusantara. Bahakan oleh salah satu program memancing terkenal seperti “Mancing Mania”. Cobalah berlayar dan siapkan pancing anda, namun jangan heran jika tuna berukuran super bisa Anda dapatkan dengan mudah. pokoknya bersiaplah untuk pesta ikan.

Pantai bangko-bangko lombok

Namun perlu kalian ketahui para pemancing biasanya menyewa kapal di Pantai Ampenan untuk mendapatkan ikan-ikan buruannya. Jangan kuatir bagi Anda yang tak suka berlama-lama memancing di tengah laut namun tetap ingin menyantap ikan. Pantai ini dekat dengan perkampungan nelayan yang menyediakan berbagai macam tangkapan segar mereka. Menurut warga setempat, bahkan jika musim ikan tongkol yang bisanya terjadi pada bulan Juli hingga Agustus, nelayan disana bisa menangkap ikan tongkol hingga seribu ekor per hari, Wow!.

Selain memancing Pantai bangko-bangko juga bisa menjadi tempat berenang dan snorkling. Ya walau desert point di kenal dengan ombaknya yang ganas, namun ada juga disana tempat yang cukup landai dengan ombak tenang dan pasir putihnya yang lembut serta beragam jenis ikan dan terumbu karang yang masih terjaga, cocok untuk kalian pecinta snorkling.

Tidak hanya aktifitas airnya, di bangko-bangko kalian juga dapat mencoba trekking atau pun menjelajah alam Hutan Bangko-bangko yang memang menjadi balai konservasi binatang dan tumbuhan langka serta menyimpan segudang sejarah, lumayanlah bisa menambah wawasan kalian. Hutannya yang bertipe Magrove dengan luas 2.169 hektare siap dijelajahi.

Di tepi tebing hutan ini, kalian akan menjumpai sisa reruntuhan benteng penjajahan Jepang beserta meriamnya. Selain peninggalan perang, hutan ini juga menyimpan vegetasi Bangko-Bangko seperti Pandan Laut (Pandanus Sp) dan Biduri (Calonthlropus Gigantea). Selain itu, berbagai jenis tumbuhan juga bisa dijumpai seperti Bajur, Kesambi, dan Waru. Masuk ke dalam hutan, kini kita akan disuguhi satwa Bangko Bangko seperti ayam hutan, elang bendol, koakiau, raja udang, dan elang laut. Jika beruntung, Anda akan menjumpai kupu-kupu langka yang dilindungi yakni Trocles Helena.

Gimana?, tertarik liburan ke Pantai bangko-bangko?, Yuk! langsung aja kesana!. berada di Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, bahkan berhadapan langsung dengan pulau Nusa Penida Bali yang terlihat samar dari garis pantai. Berjarak 70 Km dari kota Mataram, dengan menempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Terakhir yang selalu kami ingatkan sob, agar tidak membuang sampah jenis apapun sembarangan di Pantai Bangko-bangko, karena dengan menaati peraturan tersebut, berarti kalian juga sudah ikut berpartisipasi menjaga kelestarian alam dan kemajuan Pariwisata di Pulau Lombok.

 

 


  • 0
gili asahan

GILI ASAHAN LOMBOK

gili asahan lombok

Kalau bicara soal objek wisata alam, Lombok Barat emang gak pernah mati gaya. Ada begitu banyak pantai-pantai yang indah dan masih perawan atau belum terjamah banyak wisatawan. Terdapat pula beragam air terjun yang begitu indah dan tentunya tak boleh terlewatkan untuk dikunjungi.

Namun tidak bercerita soal pantai atau pun air terjun. Kali ini kami merekomendasikan tujuan wisata alam berupa Gili/Pulau kecil. Karena para traveller sudah mulai bosan dengan keramaian di Gili Trawangan yang semakin lama semakin menjadi-jadi. Namun kalian tak perlu khawatir sob, karena pulau Lombok masih punya ratusan gili lainnya yang harus kalian coba kunjungi dan bahkan tak kalah indah dari Gili Trawangan.

gili asahan lombok

Salah satunya, kami merekomendasikan “Gili Asahan” sebagai tujuan wisata kalian, yang tentunya lebih tenang dan tak ramai seperti gili Trawangan kini. Di Asahan pun udaranya cukup sejuk dengan suasana tenang,asri, dan romantis. Cocok deh sebagai tujuan honeymoon kalian.

gili asahan lombok

Tentunya Gili Asahan sendiri pasti sudah tak asing lagi ditelinga kalian para pecinta olah raga air seperti Diving. Ya, karena gili Asahan menyimpan surga bawah laut yang begitu indah dan menakjubkan. Disini terdapat 24 spot diving, lebih banyak dari gili trawangan yang hanya menawarkan 10 spot diving. Spot diving gili asahan pun memang menjadi primadona di Pulau Lombok dan wajib untuk kalian kunjungi.

Beberapa diantaranya ada “secret garden”, disini arus perairannya lumayan kencang, sehingga kalian harus berhati-hati dan memperhatikan arahan yang dikatakan oleh guide. Tak hanya itu, bagi para fotografi under water, secret garden mempunyai visibility sekitar 25 meter, dan tentunya cukup jelas untuk memotret berbagai jenis ikan hias dan terumbu karang yang masih terjaga dari tangan-tangan jahil, lalu kita bisa melihat nudibranch, yang memang menjadi incaran para diver karena keindahannya.

gili asahan lombok

Kemudian ada juga spot “sanking point”. Karakteristik perairannya dinamis, yang kadang tenang kadang berarus. Penghuni diving point ini adalah beragam jenis ikan hias,terumbu karang karang, anemon laut, serta banyak lagi. Dengan visibilitas 25-30 meter, cukup memudahkan para fotografer mengabadikan keindahannya. Dan masih ada spot

Tidak hanya itu, selain diving kalian juga bisa snorkling, berenang, berjemur atau pun sekedar menikmati indahnya alam Gili Asahan yang cukup tenang. Selain itu terdapat bukit-bukit yang bisa Anda daki dengan mudah. Tak jarang burung elang singgah kesana yang menemani liburan anda di pulau ini. Selain itu pada senja hari kita bisa duduk santai di pinggir pantai ataupun diatas bukit sambil menikmati panorama sunset yang indah.

Penasaran?, Dateng aja langsung!, lokasinya berada di wilayah Desa Batu Putih, Sekotong, Lombok Barat. dari Kota Mataram untuk menuju pelabuhan penyebrangan berjarak sekitar 60 Km,dengan menempuh 1,5 jam perjalanan. Tiba di Pelabuhan Desa Batu Putih, langsung menyebrang menuju Gili Asahan hanya 10 menit saja. Biaya penyebrangan Rp 30.000/bolak-balik, namun terkadang berubah-ubah saat terjadi kenaikan BBM.

Satu hal yang selalu kami himabau , agar tidak membuang sampah jenis apapun sembarangan di Gili Asahan, demi menjaga kelestariannya dan dengan menaati peraturan itu, kalian juga sudah ikut berpartisipasi dalam memajukan Pariwisata di Pulau Lombok.

 


  • 0
pantai surga

PANTAI SURGA LOMBOK

pantai surga
Pantai surga?, ya, mungkin pantai satu ini masih terdengar asing ditelinga kalian, mendengar namanya saja, mungkin bisa membuat kalian yang membaca artikel ini kepo kelas dunia akhirat ( he he he Itu kalau bahasa ABG jaman sekarang ).
Pantai satu ini memang tergolong pantai yang masih jarang dikunjungi oleh banyak wisatawan, dan kalau ramai, itupun pada saat-saat tertentu saja dan yang mengunjunginya biasanya warga sekitar yang ingin berekreasi.
Pantai surga memang cukup sepi dan tenang. Panorama pantai yang begitu indah mampu memukau mereka yang datang kesana, dengan pasir pantainya yang putih dikelilingi bukit-bukit nan indah yang berada disisi kanan dan kiri, ditambah lagi batuan karang yang eksotis, sehingga membuat mereka yang berkunjung bisa merasakan keindahan lain pantai surga.
Tak hanya itu, di Pantai surga Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas olah raga air seperti ber-snorkling, berselancar hingga memancing. Bahkan bagi Anda yang menyukai olahraga panjat tebing, anda dapat mencoba jalur panjat tebing yang berada di tebing sebelah kanan pantai yang pastinya mampu menantang adrenalin kalian, dan bagi pecinta olah raga surfing/selancar, tenang saja, karena bermacam jenis ombak ada disini. Mulai dari ombak yang tenang sampai ombak yang tinggi dan menantang. Namun saran dari kami, untuk mendapatkan sensasi ombak yang tinggi dan menantang, sebaiknya berkunjung pada bulan Juni hingga Oktober.

pantai surga
Dengan sejuta Pesonanya ini, tak heran pula pantai ini diberi nama “Pantai surga” oleh masyarakat setempat, hal ini pula mampu menarik minat kami untuk merekomendasikan pantai surga sebagai tujuan wisata bagi kalian yang mencari kesan pantai indah dan tenang. Pokoknya cocok deh untuk melepas penat selepas melakukan rutinitas kerja.
Penasaran?, dateng aja langsung ke Lombok!, terletak di Kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur. berjarak sekitar 72 km dari Kota Mataram dengan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam. Sepanjang perjalanan memang kalian tidak akan mengalami kendala dijalan, namun hanya pada 5 kilometer terakhir, Anda akan melalui jalan yang kondisinya kurang baik, yang pada musim kemarau ruas jalannya akan banyak berdebu dan cukup panas. Sehingga tak heran kalau ada ungkapan “Pantai Surga jalan neraka”, namun tak perlu khawatir, karena “Surga” telah menanti Anda di ujung perjalanan.
Terakhir, yang selalu kami himabau saat kalian berlibur ke Pantai surga, agar tidak merusak biota alam yang ada disana dan tidak membawa pulang bintang laut yang kalian temui, jangan juga membuang sampah jenis apapun sembarangan, karena dengan menaati aturan-aturan tersebut, berarti kalian juga sudah langsung ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian Objek Pariwisata Di Pulau Lombok.
Selamat berlibur Guys!.