WISATA KOTA PULAU LOMBOK

  • 0

WISATA KOTA PULAU LOMBOK

Begitu banyaknya destinasi wisata yang ada di Pulau Lombok menjadikan Pulau Lombok sebagai Pulau dengan destinasi wisata favorit para wisatawan baik wisatawan local maupun mancanegara. Pulau Lombok terkenal dengan keindahan wisata pantainya, tapi jangan salah destinasi wisata di Pulau Lombok bukan hanya pantai tapi ada jug ataman rekreasi dan pure layaknya Pulau Dewata sehingga banyak orang bilang “kamu bisa menemukan Bali di Lombok, tapi tidak bisa menemukan Lombok di Bali.

Dalam kesempatan ini Surya Tour & Travel akan mengulas tentang destinasi wisata kota yang ada di Pulau Lombok.

Taman Narmada

taman narmada

Dari namanya saja sudah ketauan lokasi Taman narmada ini terletak di daerah Narmada sekitar 10 km sebelah timur dari kota Mataram. Taman Narmada mulai dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Anak Agung Ngurah Karang Asem yang bertujuan untuk digunakan sebagai tempat pelaksanaan upacara Pakelem. Upacara tersebut biasa digelar pada purnama kelima di tahun Caka, atau sekitar bulan Oktober hingga November.

Uniknya, desain Taman Narmada ini merupakan replika dari Gunung Rinjani, gunung tertinggi di Pulau Lombok, di mana puncak Gunung Rinjani di Taman Narmada direfleksikan dengan keberadaan Pura Kelasa di puncak, kemudian kolamnya ibarat Danau Segara Anak. sumber airnya berasal dari Gunung Rinjani dan merupakan pertemuan antara tiga sumber mata air, yaitu Lingsar, Suranadi, dan Narmada.

Karena mata airnya berasal dari Gunung Rinjani dan tempat pertemuan tiga sumber mata air, maka air yang ada di Balai Petirtaan dipercaya dapat menjadikan orang yang meminum dan membasuh mukanya dengan air di situ akan awet muda.

Pura Lingsar

pura lingsar

Tidak jauh berbeda dengan Bali, Lombok juga memiliki beberapa pura yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu pura di Lombok yang cukup populer adalah Pura Lingsar. Pura yang berdiri pada tahun 1741 ini didirikan oleh Raja Anak Agung Ketut. Pura ini dianggap sebagai pura tersuci yang ada di Pulau Lombok.

Selain dijadikan tempat ibadah, di Pura Lingsar ini juga dijadikan sebagai tempat upacara tahunan yang melibatkan umat Hindu dan umat Islam yang disebut dengan Perang ketupat. Biasanya upacara ini dilaksanakan sekitar Bulan November sampai bulan desember.

Di kompleks Pura Lingsar, ada beberapa kolam yang airnya bersumber dari sebuah mata air yang dianggap suci oleh sebagian masyarakat setempat. Mata air yang tidak pernah surut ini dipercaya mampu membawa keberuntungan.

Di salah satu kolam, pengunjung biasanya melemparkan uang logam ke kolam dengan posisi membelakangi kolam sambil membisikkan permohonan di dalam hati. Di kolam tersebut jug ada ikan julit yang konon usianya sudah mencapai ratusan tahun.

Menurut kepercayaan setempat, keinginan Anda akan terwujud jika setelah melemparkan koin, ikan tersebut menampakkan wujud di dalam kolam. Karena ikan julit jarang sekali keluar, biasanya para pengujung memancingnya dengan telur rebus agar mau menampakkan diri.

Pura Mayura

pura mayura

Taman Mayura merupaka saksi keberadaan kerajaan Singasari dan orang-orang Bali di Lombok pada abad ke-19. Uniknya di taman ini Anda akan menemui betapa sejak dahulu kala semangat perbedaan sudah ada dipelihara oleh raja-raja Singasari dan Mataram.

Bale Kambang atau bangunan terapung di tengah kolam Taman Mayura menceritakan hal itu. Dalam Bale Kambang kita akan menjumpai patung-patung yang bercirikan Muslim, Cina, dan Jawa. Patung yang mencirikan Muslim berada di bagian Barat, timur dan utara Bale Kambang bersebelahan dengan bangunan linggih yang kental corak Hindu Balinya. Pada saat itu, Bale Kambang dipakai untuk mengadili suatu perkara pada jaman penjajajahan Belanda.

 


Leave a Reply